Manfaat bawang putih bagi kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat pada Bawang Putih


Bawang Putih yang memiliki nama ilmiah yang sering disebut sebagai Allium Sativum, sering digunakan menjadi bumbu untuk menambah cita rasa masakan yang dimasak untuk menjadi makanan sehari-hari, sering terdengar apabila makan terlalu banyak bawang putih akan menimbulkan bau yang menyengat saat sedang bekeringat akan tetapi dibalik semua itu bawang putih memiliki khasiat untuk kesehatan dan memiliki manfaat untuk kecantikan juga.
Manfaat bawang putih bagi kesehatan

Pada bawang putih mengandung senyawa sulfur dan juga zat kimia yang disebut Alliin, Zat Alliin ini akan terpecah sehingga menjadi Alisin, asam piruvat dan amonia dengan dorongan dari enzim alinase yang dihasilkan oleh tubuh kita. Senyawa yang bernama alisin ini mempunyai manfaat untuk membantu penghancuran pembentukan pembekuan darah pada arteri, mengurangi tekanan darah dan menurunkan resiko mengalami diabetes. Bawang putih juga mengandung senyawan lain yang dapat dijadikan sebagai obat, zat ini bernama alil. Zal Alil bermanfaat untuk melawan penyakit degeneratif juga membantu pertumbuhan sel sel baru.
Kandungan gizi pada bawang putih juga sangat banyak, seperti zat gula, lemak, thiamne, karbohidrat, niacin, protein, beta-karoten, fospor, magnesium, zatbesi, kalsium dan ribiflavin. Selaian itu juga mengandung vitamin seperti vitamin B6 dan vitamin C.

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa informasi tentang Manfaat Bawang Putih bagi kesehatan :
  • Menghilangkan Jerawat  - Zat antidioksidan yang dimiliki bawang putih dapat menjadi obat alami yang mampu untuk menghilangkan noda, sehingga bawang putih bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan jerawat. Caranya adalah gosokan sebuah bawang putih yang telah di iris dibagian area wajah memiliki jerawat dengan perlahan-lahan dan tunggu beberapa menit setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.
  • Mengontrol Berat Tubuh - Bawang Putih memiliki manfaat untuk mengontrol berat badan kita, bawang putih sering juga dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalani masa-masa diet, caranya adalah hanya dengan menggunakan bawang putih pada setiap masakan. Jadi selain bermanfaat untuk menjaga berat badan kita, makanan yang dimasak juga lebih nikmat.
  • Anti Bakteri  - Bawang putih bermanfaat untuk mengobati (menurunkan) deman dan sakit tenggorokan yang sedang kita alami karena kandungan anti-peradangan yang dimiliki bawang putih ini. Caranya hanya dengan mengunyah bawang putih maka sakit tenggorakan dan deman akan mulai berangsur-angsur membaik.
  • Pencegahan Kanker - Zat antidioksidan pada bawang putih selain untuk membantu menghilangkan jerawat, ternyata dengan mengkonsumsi bawang putih bermanfaat juga untuk membantu pencegahan sel kanker bagi tubuh kita.
  • Mencegah Kerontokan - Kandungan Allicin pada bawang putih ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi kerontokan rambut yang terjadi pada kita. Cara penggunaannya adalah dengan menggosok-gosokan bawang putih yang telah diiris-iris pada kulit kepala dan kemudian pijat, agar memaksimalkannya dan diamkan beberapa menit kemudian cuci atau keramas rambut anda sampai bersih.
  • Mengobati Keracunan - Salah satu lagi kegunaan zat antidioksidan yang dimiliki bawang putih adalah membantu pembuangan racun yang ada didalam tubuh kita dan selain ini bermanfaat juga untuk membantu memperlambat proses penuaan dini pada seseorang yang mengkonsumsi bawang putih ini.
  • Anti Bakteri - Dengan mengkonsumsi bawang putih ini maka anda akan mendapatkan manfaat untuk pencegahan dan pengobatan infeksi yang ada pada pencernaan karena bawang putih juga memiliki kandungan anti-bakteri. Caranya cacah bawang putih mentah kemudian konsumsi, anda dapat mengkonsumsinya dengan mencampurkan pada salad atau pada makanan lainya.
  • Mengobati Penyakit Kulit - Anti-radang ada bawang putih selain untuk menurunkan deman dan sakit tenggorokan, ternyata juga berkhasiat untuk menurukan dan mencegah penyakit kulit. Caranya oleskan minyak bawang putih pada kulit yang gatal-gatal atau sedang terinfeksi.
Ternyata manfaat yang dimiliki bawang putih sangatlah banyak dan bermanfaat. Jadi janganlah takut dengan bau yang menyengat. Demikianlah artikel tentang manfaat bawang putih bagi kesehatan Tubuh yang dapat saya berikan, semoga artikel ini memberikan manfaat bagi para pembaca semuanya.
Posted by: Yusrizal
Harga dan Spesifikasi Terbaru Updated at: 20.33