Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Protein sangat penting bagi tubuh, karena protein berguna bagi tubuh agar dapat membentuk sel-sel baru yang telah mati dan untuk pembentukan jaringan otot. Bagi anda yang ingin mendapatkan tubuh yang bagus selain berolahraga seperti fitnes (mengangkat alat-alat berat) anda wajib mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein yang tinggi karena saat ada melakukan aktifikas pembentukan otot, sel-sel lama akan mati dan harus memiliki cukup protein didalam tubuh agar dapat membentuk sel-sel baru dalam tubuh dan untuk pembentukan serat otot, jadi akan sangat sia-sia apabila bagi seorang atlet, binaragawan berlatih keras tanpa adanya asupan protein yang cukup karena otot tidak dapat berkembang tanpa adanya protein.
Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi
Protein juga berfunsi sebagai zat pengatur yang membantu mengatur hormon-hormon yang diproduksi oleh tubuh untuk proses pencernaan dalam tubuh kita, selain itu protein juga berfungsi untuk menjaga kesimbangan antara pH asam dan basa didalam tubuh. Protein juga dapat menjadi cadangan makanan yang simpanan energi didalam tubuh kita, karena banyak kegunaan protein didalam kehidupan kita sehari-hari ini maka sangat wajib untuk memenuhi kebutuhan akan protein untuk tubuh kita setiap harinya.

Protein dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) berdasarkan sumber protein, yakni protein yang berasal dari tumbuhan yang disebut sebagai protein nabati dan protein yang berasal dari hewan yang disebut sebagai protein hewani.

Nah sekarang saatnya mengetahui apa saja makanan-makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi, dengan makanan yang mengandung protein yang tinggi maka akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan asupan protein untuk tubuh kita.

Dibawah berikut ini adalah beberapa Makanan yang Mengandung Protein :
  • Telur - Makanan ini memiliki kandungan protein dan nutrisi yang  terlengkap bila kita bandingkan dengan makanan sumber kandungan protein lainnya.
  • Tenderloin ayam dan dada ayam (White Meat).
  • Sirloin atau daging sapi - Selain mengandung protein yang kita butuhkan, pada sirloin ini memiliki kelebihan lain, itu dikarenakan pada sirlion hampir tidak memiliki kandungan lemak dan harganya yang sangat terjangkau apa bila dibandingkan dengan steak daging yang lain.
  • Brokoli - Brokoli digolongkan sebagai kategori sayur-sayuran yang dengan kandungan nutrisi yang lengkap.
  • Susu Murni - Susu merupakan sumber protein yang bagus, kaya akan protein yang berkualitas, protein pada susu ini memiliki semua kandungan asam amino essensial yang sangat diperlukan oleh tubuh.
  • Keong Mas - Pada makanan ini kandungan yang dimiliki adalah kandungan yang kaya akan klasium dan protein.
  • Kacang kedelai - Kandungan yang dimiliki pada kacang kedelai adalah kandungan yang kaya akan protein, kandungan lemak yang rendah dan memiliki kandungan phytochemical yaitu asam phytc , saponin dan isoflavon. Dengan kandungan yang ada pada kacang kedelai ini, bila kita mengkonsumsinya maka dapat mengurangi potensi atau mencegah resiko akan terkana penyakit osteoporosis, kanker dan jantung. Contoh makanan olahan kacang kedelai ini bisa tahu dan tempe atau yang lainnya.
  • Yoghurt - Nah..yoghurt yang sejenis minuman ini memiliki rasa yang enak akan tetapi kandungan yang dimiliki sangatlah bagus, seperti kalsium yang tinggi dan juga protein. Dan yang paling asik adalah anda dapat mengkreasikannya saat anda ingin mengkonsumsinya seperti dicampur pada buah atau lainnya.
  • Kacang Almond - Kacang yang sering kita nikmati ini memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, kandungan kalsium yang tinggi, serat dan tentunya juga protein.
  • Ikan - Kandungan Protein yang ada pada ikan cukup tinggi, dan anda tidak perlu cemas akan kandungan lemak yang dimiliki ikan karena daging ikan ini beda dengan daging lainnya, pada daging ikan gindara memiliki kandungan lemak yang cukup rendah. Akan tetapi ada jenis ikan salmon dan ikan tuna berbeda dengan ikan lain karena pada ikan ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi akan tetapi ikan jenis ini memiliki kandungan lemak yang baik yang biasa disebut dengan Omega 3.
  • Udang - Kacang-kacangan seperti kacang Polong, buncis dan kacang panjang.
  • Keju - Pada semua jenis keju memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, anda dapat mencoba jenis kejua cheddar atauoun mozzarella dengan campuran di sandwitch, salad ataupun pasta. Akan tetapi bagi untuk yang sedang melakukan program diet jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena pada keju juga mengandung lemak, jadi batasilah konsumsi keju agar tidak melebihi 1 ons untuk sehari.
itulah beberapa makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat saya tulis pada artikel kali ini. Masih banyak lagi makanan-makanan lain yang menjadi sumber dari protein dan yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita, semoga artikel ini berguna bagi anda.
Posted by: Yusrizal
Harga dan Spesifikasi Terbaru Updated at: 20.25