Manfaat Buah dan Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat Buah dan Daun Sirsak - Buah Sirsak atau lebih dikenal dengan nama Durian Belanda (Annona muricata, Linn.(Latin)) merupakan tanaman yang memiliki batang utama berukuran kecil dan biasanya tanaman ini pendek.

Daun sirsak berbentuk bulat dengan ujung yang agak runcing dan pada permukaan bagian atas yang halus biasanya berwarna hijau tua sedangkan pada bagian bawahnya warnanya agak cerah. Namun asal durian belanda bukanlah dari belanda, mungkin banyak yang mengira durian belanda berasal dari belanda dari namanya. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan. Lalu bagaimana bisa sampai ke Indonesia?  Karena orang belanda dulu membawanya dari benua Amerika ke Indonesia dan kemudian oleh orang indonesia dinamakan buah Sirsak.

manfaat buah dan daun sirsak
Buah Sirsak kemudian menjadi salah satu buah yang populer karena tanaman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia terutama daunnya, banyak orang yang menjadikan tanaman ini sebagai tumbuhan herbal. Daun sirsak sendiri mengandung annonaceous acetorenins yaitu semacam zat anti kanker dan anti oksidan yang dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan beberapa zat lainnya yakni Saponin , polifenol, dan bioflavonoid yang tentunya sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia.

Dibawah ini adalah beberapa Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan :
  • Buah Sirsak memiliki kandung glukosa dan fruktosa dengan kadar 81,9% s/d 93,6%.
  • Buah Sirsak mengandung lemak dengan jumlah yang sedikit, sehingga tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan.
  • Buah Sirsak mengandung Vitamin C sekitar 20-100 mg. Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh per hari sebesar 60 mg.
  • Buah sirsak mengandung Vitamin C yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi buah sirsak maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.
  • Buah sirsak juga mengandung mineral yang dapat memperkuat tulang dan menghambat osteoporosis
Dibawah ini adalah beberapa Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan :
  • Sebagai Anti Kanker - Daun Sirsak dapat membunuh sel kanker karena mengandung senyawa anti kanker yang dapat menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina Trifosfat). ATP merupakan zat yang mendukung pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi daun sirsak maka senyawa anti kanker tersebut akan menghambat pertumbuhan ATP, maka perlahan-lahan dan lama-kelamaan sel ATP yang sekaligus zat yang menimbulkan kanker akan mati.Berikut cara pemakaian Daun Sirsak untuk obat anti kanker : Ambil 10 helai daun sirsak yang berwarna hijau tua, lalu bersihkan daun itu hingga bersih. Masukkan daun sirsak yang sudah bersih ke dalam panci yang sudah dituangkan 3 gelas air bersih. Rebus daun sirsak tersebut hingga air yang ada di panci bersisa 1 gelas saja. Tunggu hingga air lumayan hangat lalu konsumsi secara rutin 2 (dua) kali sehari dan lakukanlah selama 2 (dua) minggu. Daun sirsak bersifat seperti kemoterapi, kehebatan daun ini yaitu daun sirsak hanya membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel-sel yang tumbuh normal.
  • Sebagai obat sakit pinggang - Daun Sirsak mengandung zat Bioflavonoid yang membantu vitamin C dalam menjaga collagen (perekat antar sel) agar tetap dalam kondisi sehat, membantu penyerapan dan penggunaan vitamin C, mencegah kerusakan vitamin C karena oksidasi, mengurangi hipertensi, mengurangi pendarahan, mencegah kerusakan pembuluh kapiler dan jaringan penghubung, dan membentuk penghalang pelindung terhadap infeksi.Cara pemanfaatan daun sirsak sebagai obat sakit pinggang. Carilah 20 helai daun sirsak, kemudian lakukan seperti langkah diatas. Namun kali ini rebus air hingga bersisa hanya 5 gelas saja. Kemudian tunggu hingga agak dingin, dan konsumsi sehari sekali.
  • Sebagai Obat sakit Ambeien - Carilah buah sirsak yang sudah masak, kemudian peras airnya hingga 1 gelas penuh. Dan konsumsi 2 kali sehari.
Definisi:
  1. Saponin : Saponin merupakan senyawa yang berasa pahit dan menyebabkan bersin dan sering mengakibatkan iritasi terhadap selaput lendir.
  2. Polifenol : Polifenol merupakan pigmen pada tumbuhan yang memberikan berbagai warna pada sayuran dan buah-buahan. Polifenol diklasifikasikan sebagai antioksidan yang memiliki kemampuan melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.
  3. Radikal bebas : Radikal bebas adalah molekul tidak stabil dalam tubuh yang bisa merusak sel-sel sehat. Radikal bebas menyebabkan kerusakan progresif pada organ-organ seperti mata dan jantung.
  4. Bioflavonoid : Bioflavonoid dikenal dengan nama vitamin P. Bioflavonoid bekerja efektif bersama vitamin C secara mutualisma. Bioflavonoid efektif digunakan dalam perawatan cedera olahraga karena memiliki efek menghilangkan rasa nyeri.
Demikianlah Manfaat Buah dan Daun Sirsak bagi Kesehatan yang dapat saya tuliskan pada artikel ini, masih sangat banyak manfaat lainnya jadi nikmatilah buah ini dan daunnya karena berguna untuk mengatasi masalah kita.
Posted by: Yusrizal
Harga dan Spesifikasi Terbaru Updated at: 20.40